Cara Membuat Masker Dari Kain di Rumah

Cara Membuat Masker Dari Kain di Rumah

mt-attack.com – Munculnya pandemi Covid-19 yang melAnda seluruh dunia membuat kita harus selalu waspada dan melakukan tindakan pencegahan agar tidak tertular. Menggunakan masker adalah salah satu upaya yang bisa kita lakukan. Tingginya demand akan masker semenjak pandemi membuat penjual seringkali kehabisan stok masker. Solusinya ialah Anda perlu mengetahui cara membuat masker dari kain sendiri.

Selain mengenakan masker, Anda perlu melakukan upaya lain untuk mencegah diri Anda tertular virus ini seperti menjaga jarak dengan kerumunan dan mencuci tangan secara berkala. Hal tersebut memiliki pengaruh yang besar untuk terjaganya kesehatan Anda. Sebaiknya Anda melakukan tindakan-tindakan tersebut, sebab jika Anda terjangkit, keluarga di rumah juga akan terkena dampaknya.

Tips Bikin Masker Sendiri di Rumah

Apakah Anda salah satu orang yang terkena dampak dari habisnya persediaan masker yang dijual di pasaran? Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir. Sebab Anda bisa membuatnya sendiri. Simak penjabaran di bawah ini untuk mengetahui cara bikin masker sendiri di rumah.

1. Pilih Bahan yang Tepat

Menurut penelitian, bahan kain yang paling tepat untuk membuat masker ialah jenis kain steril, yakni kain yang biasa digunakan untuk membungkus peralatan bedah. Kain ini dikenal sangat efektif untuk menahan kuman, yakni dengan tingkat ketahanan sebesar 99%. Sebagai catatan, Anda membutuhkan dua lapis kain untuk menghasilkan masker dengan proteksi yang efektif.

2. Memotong Bahan

Setelah mendapatkan bahan yang tepat, selanjutnya Anda dapat memotongnya hingga membentuk masker sesuai ukuran wajah Anda. Namun sebelum melakukannya, pastikan Anda membersihkan bahan serta alat-alat yang akan digunakan untuk pembuatan masker agar nantinya masker betul-betul higienis.

Bersihkan tangan Anda serta meja tempat Anda akan melakukan pemotongan bahan. Anda juga dapat menyemprotkan cairan disinfeksi ke mesin jahit yang Anda gunakan. Selain itu, Anda sebaiknya juga mengenakan masker ketika proses pemotongan untuk mencegah masker yang akan dibuat terkena droplet. Hal ini cukup penting, terlebih jika masker yang dibuat didonasikan untuk orang lain yang butuh.

Untuk pola maskernya sendiri, Anda dapat menggunakan pola yang banyak terdapat di internet.

3. Buat Bagian-bagian Masker

Jika bahan sudah terpotong, Anda dapat membuat bagian-bagian yang terdapat pada masker seperti menjahit bagian hidung masker. Selain itu, jahit pula bagian luar masker dengan mengacu pada bagian hidung. Setelah itu, jahit bagian atas dan juga bawah masker.

Baca Juga : Ganti Thumbnail Youtobe dengan Dua Cara ini

Lalu di antara kedua sisi masker, masukkan kawat hidung berukuran kurang lebih 15cm. Jika sudah, masukkan filter pernapasan di antara lapisan masker. Kemudian buat lipatan di bagian kanan dan kiri masker lalu jahit, bagian ini untuk memasukkan karet elastis untuk masker.

Sejak pandemi melAnda, persediaan masker di pasaran menipis akibat tingginya demand. Solusi untuk hal itu ialah dengan mempelajari cara membuat masker dari kain. Masker yang Anda buat nantinya juga bisa diberikan ke orang-orang yang membutuhkan. Selamat mencoba!