Tata Cara Mengatasi Layar Bluescreen Pada Windows

Tata Cara Mengatasi Layar Bluescreen Pada Windows

mt-attack.com – Bluescreen merupakan salah satu permasalahan yang umum terjadi pada perangkat laptop. Yang mana proses terjadinya bisa dikatakan secara tiba-tiba, entah itu saat digunakan dalam memenuhi kebutuhan pekerjaan, mengerjakan tigas, memainkan sebuah game, atau bahkan saat digunakan untuk melakukan pencarian pada sebuah browser atau browsing.

Tata Cara Mengatasi Layar Bluescreen Pada Windows
Tata Cara Mengatasi Layar Bluescreen Pada Windows

Umumnya bluescreen atau layar biru terjadi karena SO windows yang mengalami sebuah kesalahan, dan terjadi eror. Sehingga sistem operasi terpaksa terhenti dengan sendirinya, kemudian mesin akan mati atau mengalami restart. Bluescreen umumnya hanya terjadi pada perangkat yang menggunakan sistem operasi berbasis windows saja.

Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Bluescreen Pada Layar Windows

Cara mengatasi bluescreen sebenarnya tergantung dari permasalahan perangkat itu sendiri. Karena bluescreen bisa muncul karena beberapa sebab tertentu. Bisa jadi sistem windows mengalami kesalahan karena permasalahan pada hardware. Dan hal ini secara otomatis membuat sistem menjadi eror sehingga membuat layar menjadi bluescreen.

1. Melakukan System Restore

Salah satu cara yang ampuh untuk bisa dilakukan dalam mengatasi permasalahan bluescreen adalah melakukan restore pada system windows. Restore system yang akan dilakukan sama halnya dengan mengembalikan system kembali seperti semula. Dan jika cara ini berhasil memperbaiki masalah bluescreen, kemungkinan bisa terjadi pada kesalahan software.

2. Melakukan Install Update Driver

Selain pada software, bluescreen bisa juga terjadi karena masalah driver. Misalnya pada saat melakukan install driver, dimana driver yang diinstall tidak sesuai dengan tipe dan versi yang ada. Alhasil system akan cresh sehingga mengakibatkan bluescreen. Untuk mengatasi masalah ini kita hanya perlu melakukan install update driver.

3. Melakukan Pemeriksaan Pada Hardware

Kondisi hardware juga menjadi salah satu acuan penyebab terjadinya bluescreen. Sebab bukan tidak mungkin bluescreen muncul karena kondisi hardware yang sudah mulai up normal. Hal ini meliputi kondisi memory Ram yang sudah tidak maksimal, hardish yang mungkin sudah bed sector, atau kondisi hardware lainnya.

4. Melakukan Install Ulang System Operasi Windows.

Tak hanya itu, Bluescreen juga bisa muncul larena kerusakan pada sistem operasi. Kondisi ini juga sering kali terjadi pada saat sistem operasi mengalami masalah, atau kerusakan pada tiap system file. Sehingga windows akan mengalami bluescreen cukup sering saat Laptop dinyalakan. Namun kita bisa memperbaikinya dengan cara install ulang.

5. Masuk Ke Save Mode

Cara ampuh selanjutnya yang bisa kita lakukan saat system operasi windows tidak dapat masuk sama sekali. Dengan maksud layar akan bluescreen setiap kali dinyalakan, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah masuk ke save mode. Disini anda bisa menganalisa penyebab bluescreen, entah itu dari software, driver, atau hal lainnya.

Baca Juga : Cara Meninggikan Badan Dengan Cepat

Itulah beberapa cara mengatasi bluescreen pada perangkat windows, yang bisa anda lakukan sesuai dengan cara-cara diatas. Namun perlu Anda ingat bahwa kondisi bluescreen bisa disebabkan oleh banyak sebab. Bisa dari kondisi hardware yang sudah tidak normal, masalah software, atau bahkan driver.